Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggunting dengan Media Kertas dan Daun pada Anak Usia Dini di Kelompok A di RA Miftahul Ulum II Lumbang

  • Kholisotun Nikma Prodi PIAUD Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
  • Rif'an Fauzi STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Motorik Halus, Menggunting dengan Media Kertas, Daun

Abstrak

Masa usia dini merupakan masa bermain anak penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media pada anak usia dini dikelompok A DI RA MIFTAHUL ULUM II LUMBANG KABUPATEN PASURUAN. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yangdilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok Adi RA MIFTAHUL ULUM II yang berjumlah 20 anak. Penelitian dilaksanakanpadasemester II tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan datayang digunakandalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakanlembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dankuantitatif. Peningkatan kemampuan motorik halus dikatakan berhasil apabilapersentase kemampuan motorik halus anak mencapai 80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian keterampilan motorik halus Pra Tindakan kriteria kurangbaik dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 47.3%. Hasilpenelitian Siklus I kriteria cukup dengan nilai rata-rata keterampilan motorikhalus sebesar 62.2%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah berhasilmeningkatkan keterampilan motorik halus tetapi belum mencapai indikatorkeberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil Siklus II pencapaiankriteria baik dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 84.1%.

Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan media dan alat yangdigunakan di kegiatan menggunting, (2) memberikan contoh cara menggunting sesuai pola gambar, (3) membagikan media dan alat yangdigunakan dalamkegiatan menggunting secara proporsional untuk setiap kelompok, (4) anak diperkenankan melakukan kegiatan menggunting dengan berbagai media sesuaidengan contoh yang diberikan oleh guru.

Referensi

Asri Budiningsih. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Dini P. Daeng Sari. (1996). Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.
Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Hurlock Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi keenam (Med. Meitasari Tjandrasa. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Harun Rasyid, Mansyur & Suratno. (2009). Assesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Mistriyanti. (2012). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Diakses dari http://haurasyalsabila.blogspot.com pada tanggal 8 November 2013, jam 15.00 WIB.
Rochiati Wiriaatmadja. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slamet Suryanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Suharsimi Arikunto. (1992). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujati. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: UNY.
Sukadiyanto. (1997). Penentuan Tahap Kemampuan Motorik Anak SD. Edisi 1 TH III April Majalah Olahraga. Yogyakarta: FPOK Yogyakarta.
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed January 24, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Tadkiroatun Musfiroh. (2008). Bermain Sambil belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.
Diterbitkan
2018-03-05
Bentuk Sitasi
Nikma, K., & Fauzi, R. (2018, March 5). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggunting dengan Media Kertas dan Daun pada Anak Usia Dini di Kelompok A di RA Miftahul Ulum II Lumbang. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 233-245. Retrieved from http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/193
Section
Artikel