Penerapan Model Pembelajaran Montessori terhadap Kemandirian Anak di TK Kids Republic Jakarta Timur
Abstrak
Golden Age adalah masa keemasan bagi anak usia dini. Pembelajaran Montessori di TK Kids Republic mempunyai tujuan penelitian untuk mengggambarkan pelaksanaan kemandirian. Penelitian analisis ini menggunakan metode, metode tersebut adalah metode yang digunakan agar mampu melihat perkembangan anak. Observasi dan wawancara merupakan teknik pengumpulan data. Dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti adalah foto-foto atau video kegiatan pembelajaran dan portofolio anak. Penelitian ini berjudul “Analisis Deskriptif Penerapan Pembelajaran Montessori Terhadap Kemandirian Anak di TK Kids Republic Jakarta Timurâ€. Untuk meningkatkan sikap kemandirian pada anak yaitu dengan metode pembelajaran Montessori dan hasil analisis data penelitian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa terjadi perkembangan yang signifikan terhadap diterapkannya metode pembelajaran Montessori. Anak mengalami perkembangan yang baik. Anak menjadi lebih mandiri dan mampu mengerjakan hal yang sederhana sendiri. Seperti belajar mempelajari urutan dan keteraturan, belajar memakai sepatu sendiri, belajar mengancingkan baju sendiri, belajar makan sendiri dan mengambil sendiri bahan-bahan yang ada di rak atau meja.
Referensi
Arhan, M. (2014). Implementasi Metode Shaping dalam Menanamkan Kemandirian Anak Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Selatan. Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Britton, N. (2017). Montessori Play and Learn. Yogyakarta: Bentang Pus taka.
Damayanti, E. (2019). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463-470.
Davies, S. (2019). The Montessori Todler. Diterjemahkan oleh: Ade Ku- malasari. Yogyakarta: Bentang Pus-taka.
Dewi, N. K. S. C., & Suyanta, I.W. (2019). Pembelajaran seni dan teknologi digital sebagai media be- lajar dan perkembangan anak usia dini.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Diana. (2017). Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Bunayya:Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).
Hainstock. (2008). Kenapa Montessori?Jakarta: Mitra Media.
Hasan, M. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: DIVA Press.
Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai.Jakarta: Kencana.
Jaipaul L. R, & James E. J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam berbagai pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.
Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Grasindo.
Joosten, A. M. (2013). Exercises of Practical Life: Introduction and List. The NAMTA Journal, 38(2).
Kadir. (2016). Statistik Terapan. Jakarta: Rajawali Pers.
Lazuardi, A. L. (2013). Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD Pendidikan Anak usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Masyrofah. (2017). Model Pembelajaran Montessori Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).
Nasution, R. . (2017). Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal RAUDHAH; Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), 5(2).
Papalia, D.E., Old, S. ., & Feldman, R. . (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana.
Parker, D. K. (2005). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2).
Roopnarine, J. L., & Johnson, J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini: Dalam Berbagai Pendekatan.Jakarta: Kencana.
Savitri, I. M. (2019). Montessori for Multiple Intelligences. Yogyakarta: Bentang. Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal). Bandung: Rosda.
Sumitra, A. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Di PAUD