Media Magic Book untuk Melatih Perkembangan Kognitif pada Masa Awal Anak Usia 2-3 Tahun
Abstrak
Anak merupakan karunia yang Tuhan berikan. Mendidik dan membesarkan anak merupakan tanggung jawab orang tua. Menumbuh kembangkan kemampuan anak baik Agama, sosial-moral, kognitif, bahasa, fisik-motorik, dan seni seharusnya diperhatikan orang tua sejak dini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan media edukatif berupa magic book sebagai alat pebelajaran untuk perkembangan kognitif anak. Dalam penelitian dengan menggunakan Magic book ini diharapkan dapat memberikan kontribusi serta mencapai tujuan yaitu untuk melatih perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara yang penulis lakukan dalam penelitian ini bahwa penggunaan media magic book dapat dijadikan sebagai media untuk melatih perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun. Keberhasilan ini dibuktikan dengan mampunya anak dalam membedakan bentuk, warna, serta menyusun kolase, dan lain sebagainya.
Referensi
heliati fajriah, dewi fitriani, N. (2013). Penerapan model pembelajaran area untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Model Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 2–19.
Holis, A. (2002). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini
Http://Journal.Uniga.Ac.Id/Index.Php/JP/Article/Download/84/86, 23–37.
Karim, M. B. (2014). Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PGPAUD Trunojoyo, 1(2), 103–113.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1, 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Komang, S., Ketut, S. N., & Rahayu, U. P. (2014). PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENTUK
Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JJPAUD/Article/ViewFile/3533/2852, 2(1).
Moleong, L. (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Mursid. (2018). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya.
Nurmanto, D. (2020). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM APLIKASI MAGIC BOOK PENGENALAN PROFESI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Http://Jim.Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/Informatika/Article/Download/151/136, 1(1), 36–42.
Suryani, N. A., & Haryono, M. (2018). Improvement of the Logical Intelligence Through Media Kolak (Collage Numbers) Based on Local Wisdom on Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 253. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90
Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.
Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Cetakan I). Gava Media.
Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar Paud. Gava Media.