Meningkatkan Kecerdasan Musik Anak melalui Media Gadget Berbasis Aplikasi (Games Music)
Abstrak
Pendidikan musik anak usia dini adalah salah satu alternatif yang dapat di tempuh, upaya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan adanya pembelajaran seni musik anak dapat mengembangkan talenta dan membina anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakat dan minat anak. Kecerdasan musik dapat dimiliki seorang anak secara ilmiah. Bermain musik suatu kegiatan yang dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuan anak usia dini dalam berbagai aspek perkembangannya. Karena perkembangan seluruh aspek pada anak menentukan kemampuannya sebagai bekal di masa depan. Media gadget merupakan media teknologi yang sering digunakan oleh semua orang baik dalam bidang apapun. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahanya kecerdasan musik anak mungkin dikarenakan oleh media dalam pelaksanaan pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan menyenangkan. Metode atau kegiatan dalam penelitian ini yaitu kegiatan bermain musik berbasis aplikasi (game music) media gadget.
Referensi
Arifin Zainal. Penelitian Pendidikan (Cetakan Kedua). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Chatib Munif. (2012). Sekolah Anak-anak Juara. Jakarta : Kaifa Learning.
Chatib Munif. (2011). Sekolahnya Manusia Berbasis Multiple Intellegence. Jakarta : Kaifa PT. Mizan pustaka.
Johni Dimyati, (2013), Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Anak Usia Dini Jakarta: Kencana.
Khadijah, (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. (Medan : Perdana Publishing,) h. 1
Novitasari, Wahyu. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 0-6 Tahun. Surabaya. UNS.
Yaumi Muhammad, dkk, (2016). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) (Jakarta : Prenadamedia Group.
Yuliani Nurani Sujiono, dkk, (2010). Metode Pengembangan Kognitif Cetakan kelima belas Jakarta : Universitas Terbuka.