Implementasi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-5 Tahun melalui Pendekatan Ekplorasi Lingkungan
Abstrak
Ketersediaan alat peraga edukatif yang digunakan dalam kelas dan diluar ruang kelas masih terbatas, dengan jumlah yang terbatas memiliki dampak semakin sedikitnya anak yang peduli terhadap alam dan lingkungan, dan guru belum optimal dalam mengajarkan kecerdasan naturalis. Penelitian ini bertujuan mengetahui Implementasi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Pendekatan Ekplorasi Lingkungan Sekitar di RA Nurul Iman. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini dilakukan di RA Nurul Iman Ranuwurung Gading Tahun Pelajaran 2019/2020, yang dilaksanakan pada bulan April sampai Juni, subjek penelitian ini guru kelas A di RA Nurul Iman Raunuwurung Gading, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang mana mewawancarai kepala RA dan guru kelas A dan B di RA Nurul Iman. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-5 Tahun melalui Pendekatan Ekplorasi Lingkuangan Sekitar di RA Nurul Iman Tahun Pelajaran 2019/2020, dilakukan dengan melakukan perencanaan yang dilakukan dengan membuat RPPH setiap hari, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan tiga stategi yaitu belajar melalui alam, menggunakan tanaman sebagai alat peraga, dan mengamati tumbuhan, kemudian evaluasi pembelajaran dilakukan setiap hari dengan membuat penilaian harian dn penilaian hasil karya.
Referensi
ArifinZainal, (2014), Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi, (2002)Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Bandung: Bima Aksara.
Armstrong Thomas, (2013), Kecerdasan Multiple Di Dalam Kelas, Jakarta: Indeks.
Barnawi dan WiyaniNovan Ardy, (2014), Format PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bungin Burhan, (2001), Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chatib Munif dan Alamsyah Said, (2012), Sekolah Anak-anak Juara Berbasis. Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan, Bandung: Kaifa.
Emzir, (2016), Metodologi Kualitatif Analisis Data, Jakarta: PT Grafindo Persada, 2012. PermainanSurabaya:Usaha Nasional.
Fikri Ahmad, Pendidikan Eksploprasi Bagi Anak Usia Dini Melalui
Helmawati, (2015), Mengenal dan Memahami PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hildayani, Rini,(2009),Psikologi Perkembangan Anak, Tangerang: Universitas Terbuka.
J. Moleong Lexy,(2006),Metdologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jannah, Roudhotul Dkk, (2018), 144 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences, Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Kurniawati Yuyun, (2006), Penerapan Sentra Biodiversity Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia 4-5. Semarang: Universitas Negeri.
Majid Abdul, (2017), Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, (2012), Manajemen PAUD,Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfiroh Tadikrotun, (2014), Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Tangerang: Universitas Terbuka.
Palupi Asri S, (2017), Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini, Klaten.
PatilimaHamid, (2011), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Putra Nusa, (2012), Penelitian Kualitatif Proses dan Aplikasi, Jakarta: Indeks.
Rashidiyanti Putu Ariestu Dkk, (2016), Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Proyek Taman Kanak-kanak, Forum Penelitian.
SantrockJohnW, (2005), Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, Semarang
SholehBadrus, (2017), Kegiatan Eksplorasi Pada Anak Usia Dini, Surabaya:Usaha Nasional.
Sudarmayanti, (2011), MetodePenelitianPendidikan, Bandung: PustakaSetia.
Sujiono, Yuliani Nurani dan Sujiono Bambang, (2010), Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: Indeks.
Supaidi Ahmad, (2016)Pengantar Penelitian Eksplorasi melauli Pedekatan Kreatifitas Anak , Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Suyadi, (2014), Teori Pembelajaran Anak Uisa Dini Dalam Kajian Neurosains, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Republik Indonesia, (2013), Nomor 20 Tahun Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Widayati dan Widijati Utami, (2008), Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan Majemuk Anak, Yogyakarta: Luna Publisher.
Wiyani, Novan Ardy. (2016), KonsepDasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
Yaumi, Muhammad, (2013),Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak, Jakarta: Kencana.
Yus Anita, (2011), Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Prenada Media Group.
Yusuf Muri, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Yuyun, Dwi Afita dan Laksmiwati Hermien, (2016) Pengaruh Penggunaan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak, Jakarta: Indeks.