Implementasi Pendidikan Karakter Islam Ahlussunah Waljama’ah (Aswaja) pada Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIMNU Metro Lampung

  • Muhyidin Thohir Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung
  • Dedi Setiawan Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung
  • Muhammad Zaini Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung
  • Leli Fertiliana Dea Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung
Kata kunci: Pendidikan, Karakter, Aswaja

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan kebutuhan mendesak bagi dunia pendidikan khususnya di Indonesia saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi dari pendidikan karakter Aswaja di lingkungan Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAMNU Metro Lampung. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Implementasi pendidikan karakter Aswaja pada penelitian ini yaitu 1) Penanaman pendidikan karakter Aswaja dapat dilakukan pada proses perencanaan, implementasi dan evaluasi, 2) Perencanaan pendidikan karakter Aswaja pada Prodi PIAUD dilakukan ketika penyusunan rencana pembelajaran, 3) Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui proses belajar mengajar tatap muka di dalam kelas dan kegiatan-kegiatan lain diluar kelas dan 4) Evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter Aswaja dilaksanakan dengan cara menilai secara langsung dan pengamatan.

Referensi

Abdusshomad, M. (2009). Karakter Tawassuth, Tawazun, I'tidal, dan Tasamuh dalam Aswaja. https://islam.nu.or.id/post/read/16551/karakter-tawassuth-tawazun-i039tidal-dan-tasamuh-dalam-aswaja

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Moleong ,L.J. (1991).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Samani, M dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setiawan, A. (2019, July 11). Pembelajaran Matematika Dasar Berintegrasi Keislaman Untuk Meningkatkan Sikap Religiusitas Siswa. https://doi.org/10.31219/osf.io/yshke

Setiawan, A., & Sulistiani, I. (2019). Pendidikan Nilai, Budaya Dan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dasar Pada SD/MI. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 33–40.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Diterbitkan
2021-01-30
Bentuk Sitasi
Thohir, M., Setiawan, D., Zaini, M., & Dea, L. (2021, January 30). Implementasi Pendidikan Karakter Islam Ahlussunah Waljama’ah (Aswaja) pada Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIMNU Metro Lampung. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 82-90. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.735
Section
Articles