Pesona Pembelajaran Bermuatan SELAMET pada Peningkatan HOST Anak Usia Dini
Abstrak
Proses pembelajaran yang diberikan pada usia ini harus memperhatikan HOTS ( Higher, Order, Thingking, Skill ) disetiap tahap perkembangannya. dengan melaksanakan dan mengimplementasikan pembelajaran bermuatan SELAMET (Sains, Engineering, Literacy, Art, Mathematics, Technology ) dilembaga yang diemban, pendidik harus paham tentang model pembelajaran ini agar anak memiliki kemampuan HOTS dalam menyonsong era pendidikan abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan perspektif fenomenologis, dengan tehnik wanwancara, observasi, dokumentasi. Penelitian ini bertujuan mengamati dan memahami Pembelajaran HOTS yang menyenangkan anak dengan menggunakan pembelajaran bermuatan SELAMET melalui mengenali, mengingat informasi dan fakta, memahami informasi, melakukan fakta, menganalisis, mengevaluasi. Pembelajaran bermuatan SELAMET yang memiliki unsur kreativitas, kritis, komunikasi, kerjasama merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan HOTS anak usia dini.
Referensi
Dodge, Diane Trister and Laura J Colker, 2001. The creative curriculum for early childhood. Woshington DC. Teaching Strategis.Inc
https://theurbanmama.com/articles/steam-sistem-pendidikan-masa-kini-T03289.html Diunduh 10 Okober 2019
https://nasional.sindonews.com/read/1362986/144/kemendikbud-rumuskan-Pembelajaran-steam-di-sekolah-1544845949, diunduh 17 Oktober 2019
https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/Obz9G1eN-membentuk-ilmuwan-cilik-dengan-pengajaran-steam diunduh sabtu 21 Nopember 2019
Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan direktorat jendral pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, 2016. Bahan kebijakan pembinaan PAUD
Muhamad Imaduddin. (2017), Mendesain ulang pembelajaran sains anak usia dini yang konstruktif melalui STEAM Project- based learning yang bernuansa islami, Proceedings ANCOMS 2017 1st Annual Conference for Muslim Scholars, Kopertais Wilayah IV Surabaya.
Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity.
Quigley, C. F., & Herro, D. (2016). “Finding the Joy in the Unknownâ€: Implementation of STEAM Teaching Practices in Middle School Science and Math Classrooms. Journal of Science Education and Technology. https://doi.org/10.1007/s10956-016-9602-z
Seidel, S., Tishman, S., Winner, E., Hetland, L., & Palmer, P. (2009). The qualities of quality: Understanding excellence in arts education. Cambridge: MA: Project Zero, Harvard
Siti Wahyuningsih, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Ruli Hafidah, dkk. Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.305 Volume 4 Issue 1 (2020) Pages 295-301 , ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-132
Siantajani, Y. (2018). Playing with loose parts. Modul (tidak diterbitkan).
Sochacka, N. W., Guyotte, K. W., & Walther, J. (2016). Learning together: A collaborative autoethnographic exploration of STEAM (STEM + the arts) education. Journal of Engineering Education, 105(1), 15–42. https://doi.org/doi:10.1002/jee.20112