Analisis Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Media Gambar Lepas
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa pada anak usia dini melalui media gambar lepas di TK Islamiyah Pontianak. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini 5 orang guru yang merupakan guru kelas A, guru kelas dan guru pendamping kelas B2, guru kelas B4, guru kelas B5. Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah dokumen RPPH, lembar aktivitas belajar anak, penilaian hasil belajar. Pengambilan sampel sebagai informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data mengadopsi model Miles dan Huberman yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data meliputi: uji kreabilitas, pengujian pengujian transferability, pengujian depenability pengujian konfermability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua indikator dalam perkembangan bahasa anak tercapai melalui media gambar lepas di TK Islamiyah Pontianak. Adapun indikator yang telah tercapai dalam aspek mendengarkan, yaitu: melatih daya tangkap anak terhadap cerita, menambah perbendaharaan kosakata dan pada aspek berbicara, yaitu: menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, berkomunikasi secara lisan.
Referensi
Depdiknas. (2004). Kurikulum TK dan RA. Depdiknas Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Musbikin, I. (2010). Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana.
Muqowim, dkk. (2018). Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Multiple Intelligence. Jawa Tengah: Penerbit Mangku Bumi.
Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas Untuk meningkatkan Proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 27-44. doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Seefeldt, C., Wasik,. & Barbara, A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. (Penterjemah: Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks.
Sulaiman, U. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nanaeke: Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 2(1), 52-65.
Suwarna. (2002). Strategi Pengantar Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Undang-Undang RI 2003 No. 20, Sistem Pendidikan Nasional.