Pengembangan Media Pembelajaran Smart Book untuk Menunjang Aktivitas Belajar Anak Usia 5-6 Tahun

  • Krisdiana Krisdiana Universitas Negeri Malang
  • Tomas Iriyanto Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Anak Usia 5-6 Tahun, Media Pembelajaran Smart Book

Abstrak

Aktivitas belajar pada anak usia 5-6 tahun bertujuan untuk menunjang aktivitas belajar anak secara aktif dan kritis dalam menstimulus dan merangsang  aspek perkembangannya. Aspek yang dikembangkan pada membutuhkan media pembelajaran  yang menarik agar dapat berfikir secara kritis. Namun, pada kenyataannya penggunakan media pembelajaran untuk menunjang aktivitas belajar anak usia 5-6 kurang optimal dibeberapa lembaga PAUD. Hal ini belajar belakangi peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran smar book  untuk menunjang aktivitas belajar anak usia 5-6 tahun yang efektif, efisien, dan menarik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil yang ditunjukkan dari analisis pengembangan produk memiliki pencapian kelayakan  atau kevalidan sebesar 91.11%  (sangat valid), dari segi aspek keefektifan sebesar 91,66% (sangat efektif), aspek keefisienan sebesar 88,88% (sangat efisien), aspek kemenarikan sebesar 92,77% (sangat menarik). Berdasarkan dari presentase tersebut dapat disimpulan bahwa media pembelajaran smart book untuk menunjang aktivitas belajar anak usia 5-6 tahun sangat valid dari segi aspek keefektifan, keefisieaan, dan kemenarikan.

Referensi

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Arifin, S., & Kusrianto, A. (2009). Sukses menulis buku ajar dan referensi (p. 56).
Dewi K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran. 10(2), 78–84.
Kustiawan, U. (2016). Pengembanga Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang : PT Gunung Samudera.
Mulyani, dkk. (2015). Pembangan Bahan Ajar Smartbook Berbaris Sains Untuk Meningkatan Kemandirian Belajar. Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 22–32.
Mustofa Abi Hamid, dkk. (2020). Media Pembelajaran (pp. 44–45). Yayasan Kita Menulis.
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak (p. 451). Malang : PT Gunung Samudera.
Rahmadani, N. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.
Rayanto, S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institute.
Saraswati F.N, D. M. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI(2).
Sundayana, I. K. & R. (2017). Meningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Media Modat. 6(September), 323–332.
Tumardi, & S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini (p. 114). Jakarta : PT Adhitya Andrebina Agung.
Diterbitkan
2021-07-14
Bentuk Sitasi
Krisdiana, K., Iriyanto, T., & Astuti, W. (2021, July 14). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Book untuk Menunjang Aktivitas Belajar Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(2), 123-141. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i2.829
Section
Articles