Efektivitas Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Grafofonemik Anak TK B di TK Tunas Harapan

  • Rosalia Leda STKIP Weetebula
  • Karolus Wulla Rato STIMIKOM Stella Maris Sumba
Kata kunci: Media Video, Kemampuan Grafofonemik Anak TK B

Abstrak

Kemampuan grafofonemik (bunyi dan bentuk) dalam hal ini mengenal  huruf (fonem) vokal dan konsonan pada anak TK B menjadi hal yang penting untuk dikembangkan dan distimulasi sehingga anak dapat mengenal, melafalkan dan membedakan bunyi dan bentuk huruf dengan baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan dan pemanfaatan salah satu media pembelajaran berbasis video. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keefektifan media video untuk meningkatkan kemampuan grafofonemik anak TK B. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain Pre-Test Post-Test Control-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Tunas Harapan. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pre-test dan post-test. Penentuan keefektifan media yang digunakan diuji dengan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video efektif untuk meningkatkan kemampuan grafofonemik anak yang ditunjukkan oleh mean sebesar 80.5338.

Referensi

Beverly Otto, 2015. Language Development in Early Childhood, Third Edition. USA: Pearson Education, Inc.
Fadlillah, M. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta.: AR-RUZZ MEDIA.
Newby, T. J., et al. (2011). Educational Technology for Teaching and Learning. Fourth Edication. Boylston Street Boston: Pearson Education Inc.
Mursid. (2016). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Menteri Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Edisi ke-5. Jakarta: Indeks.
Permendiknas No.58. (2010). Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Smaldino, Lowther, & Russell,. (2014). Instructional Technology and Media for Learning. Tenth Edition. America: Pearson Education Limited.
Trianto. (2010). Design Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Dini Kelas Awal. Jakarta: Preindo Media Group.
Wati, E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visual, Audio Visual, Komputer, Power Point, Internet, Interactive Video. Jakarta: Kata Pena.
Zubaidah, E. (2003). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta:
Universitas Negeri Yogyakarta.
Bocher, A. M. (2012). An Alternative Approach to The Measurement of Phoneme Discrimination and Segmentation in Young Children. Australian Journal of Language and Litearcy, 35 (3), 253-270.
Dewi, L. M. I. & Rimpiati, N. L (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini. Jepun | Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1, (1), 31-46.
Ehri, L. C & Soffer, A. G. (2009). Graphophonemic Awareness: Development in Elementary Students. Scientific Studies of Reading, 3 (1), 1-30.
Hastuti, A. & Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota Bekasi. Pedagogik, Vol. II, No. (2), 1-6.
Isabel V., Ana P. L & Filomena. S. (2014). The Potential Benefits of Using Videos in Higher Education. Proceedings of EDULEARN14 Conference 7th-9th July 2014, Barcelona, Spain. ISBN: 978-84-617-0557-3. 0750-0756.
Indriani et al. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Dalam Pembelajaran Pkn Pokok bahasan Keputusan Bersama Di SDN Sabrang 03 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, I, (1), 1-5.
Krashen, A & Ashley, H. (2011). Is Phonemic Awareness Training Necessary in Second Language Literacy Development? Is it Even Useful?. IJElT. The International Journal of Foreign Language Teaching. 7, (1), 1-5.
Ljubojevic, et al. (2014). Using Supplementary Video in Multimedia Instruction as a Teaching Tool to Increase Efficiency of Learning and Quality of Experience. The International Review of Research in Open an Distance Learning. 15, (3), 275-290.
Mehmet, S., dkk. (2016). Challenges of Using Audio-visual Aids as Warm-up Activity in Teaching Aviation English. 11(8), 860-866.
Muthmainnah. (2013). Pemanfaatan Video Clip Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan Anak, II, (2), 372-381.
Palmadottir, H., & Johanna E. (2015). Video Observations of Children’s Perspectives on their Lived Experiences: Challenges in the Relations Between the Researcher and Children. European Early Childhood Education Research Journal. 721-733.
Strohmer. J & Christoph. M. (2015). The Development of Early Childhood Teachers' Language Knowledge in Different Educational Tracks. Journal of Education and Training Studies, 3, (2), 126-135.
Sulistyawati, E. E. & Sujarwo. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Video Compact Disc pada Anak Usia 5– 6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3 (1), 28-37.
Winslett, G. (2014). What counts as educational video?: Working toward best practice alignment between video production approaches and outcomes. Australasian Journal of Educational Technology, 30 (5), 487-502.
Yuliana. D; Antara. P.A & Magta.M. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B di Taman kanak-kanak. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5 (1), 96-105.
Diterbitkan
2021-07-14
Bentuk Sitasi
Leda, R., & Rato, K. (2021, July 14). Efektivitas Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Grafofonemik Anak TK B di TK Tunas Harapan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(2), 142-156. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i2.830
Section
Articles