Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak Kelompok B di TK Rahmat Surabaya

  • Rr. Agustien Lilawati Universitas Muhammadiyah Gresik
Kata kunci: Contextual Teaching Learning (CTL), Perkembangan Kognitif, Anak

Abstrak

Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakam pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh agar dapat menemukan materi yang dipelajari serta menghubungkannya dengan kehidupan nyata sehingga dapat mendorong siswa untuk dapat menerapkan materi tersebut dalam kehidupan mereka. Perkembangan kognitif  adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memecahkan suatu permasalahan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu  apakah model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Rahmat Surabaya.Tujuan Penelitian  adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL terhadap perkembangan kognitif anak TK B di TK Rahmat Surabaya.Pendekatan penelitian adalah kuantitatif model penelitian eksperimental, dimana peneliti memberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model CTL dan melakukan observasi dalam kegiatan pembelajaran serta melakukan pengukuran sebelum dan sesudah pemberian teratment. Populasi penelitian ini sejumlah 44 anak, penelitian dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen model Quasi Ekperimental, dimana desain ini mempunyai kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar yang mempengaruhi eksperimen. Penelitian ini menggunakan Non Equivalent Kontrol Grup Design, dimana kelompok eksperimen dan kelompok kontol tidak dipilih secara random (Sugiono, 2014) .Instrumen pengumpulan data menggunakan test dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t).

 Berdasarkan hasil analisis, terdapat pengaruh penggunaan  model CTL terhadap          perkembangan kognitif anak keolompok B di TK Rahmat Surabaya. Terbukti dari                  nilai thitung .453 > nilai ttabel 2.074 dengan signifikasi 0.002 < 0.05 oleh karenanya         H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan kognitif          antara sebelum dan sesudah penerapan metode CTL.

Referensi

Agus Suprijono. 2009. Cooperarive Learning:Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Predana. Media Group
Andani, Retno. 2016. “Model Contextual Teaching and Learning dalam Pengembangan Kognitif Anak Kelompok B”. e-journal PGPAUD FIP
Arikunto, S. 2009. Manajemenn Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta
Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Elaine, B. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa, 2010.
John W. Santrock, 2007. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta. Erlangga. Hal 7
Rusmiati, W., Tahmit Sabri. 2017. “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas III SDN 07 Sungai Sogo Bengkayang,”
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. ALFABETA.
Sujiono, Yulianai Nurani. 2014. Metode Pengembangan Kognitif, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Toto Sudargo, Dkk. 2018. Defisiensi Yodium Zat Besi Dan Kecerdasan. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 angka 14.
Wayan sukreni. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Anak Kelompok B TK Kumara Jati Denpasar. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, h. 5-6
Diterbitkan
2021-07-14
Bentuk Sitasi
Lilawati, R. (2021, July 14). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak Kelompok B di TK Rahmat Surabaya. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(2), 157-167. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i2.831
Section
Articles