Survei Pemahaman dan Upaya Guru dalam Mengembangkan Multipel Inteligen Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Jember

  • Luh Putu Indah Budyawati Universitas Jember
  • Khutobah Khutobah Universitas Jember
  • Vanessa Jovanka Geraldhyne Universitas Jember
Kata kunci: Multipel Intelegen, Kemampuan Guru

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Memperoleh gambaran secara umum tentang pemahaman guru dan bagaimana upaya guru dalam mengembangkan multipel inteligen anak usia dini pada lembaga PAUD di Kabupaten Jember, (2) Menghasilkan publikasi ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi terkait pemahaman dan upaya guru dalam mengembangkan multipel inteligen anak usia dini pada lembaga PAUD di Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode survei dan pengumpulan datanya menggunakan angket (kuisioner), dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK di Kabupaten Jember dengan mengambil satu TK pada setiap kecamatan. Sehingga sampel yang akan dijadikan obyek penelitian dapat mewakili populasi/representatif. Hasil penelitian menunjukkan hampir semua guru sudah memahami apa itu arti multiple intellegence. Guru tersebut mendapatkan dapat memahami arti dari multipel intelegen dari berbagai seminar atau pelatihan yang pernah diajarkan. Namun, masih ada beberapa yang merasa ragu-ragu mengenai pemahamannya terkait dengan multipel intelegen karena bahasa yang digunakan belum pernah diketahui sebelumnya.

Referensi

Alsa, A. (2004). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombinasinya dalam penelitian Psikologi. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Agustin, M. (2013). Mengenali Dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Sejak Dini Sebagai Tonggak Awal Melahirkan Generasi Emas. Cakrawala Dini. Vol.4. No.2. 113-122. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10390.
Armstrong, T. (2013). Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas. Penerbit Indeks:Jakarta Barat
Al-Kabani, M. S. Al-Wahaibi. S. S. (2015). Testing the Multiple Intelligences Theory in Oman. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol.190. 106-112. htpps://doi: 10.1016/j.sbspro.2015.04.923
Beceren, B. O. (2010). Determining multiple intelligences pre-school children (4-6 age) in learning process. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vo.l.2 2473-2480. htpps:// doi:10.1016/j.sbspro.2010.03.356.
Behjat, F. (2012). Interpersonal and intrapersonal intelligences: Do they really work in foreign-language learning?. Procedia Social and Behavioral Science. Vol.32. 351-355. htpps://doi:10.1016/j.sbspro. 01.052.
Constantinesu, R. S. 2014. The Theory of Multiple Intelligences- Applications in Mentoring Beginning Teachers. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol.116. 3345-3349. htpps:// doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.761.
Dewi, Rosdiana. Wahyono, Imam. Putri, E. I. E. 2020. Implementasi Metode Sentra Persiapan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam. Vol.4. No.1. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v4i1.298.
Hanefar, S. B. Siraj, S. Sa’ari, C. Z. 2015. The Application of Content Analysis toward the Development of Spiritual Intelligence Model for Human Excellence (SIMHE). Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol.172. 603-610. htpps://doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.409.
Kılıç, M. S. Sert, H. 2014. Primary school 5th grade science and technology lesson book’s investigation of multiple intelligence theory. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol.174. 2577-2581. htpps://doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.935.
Kuniawan, A. (2015). Pembelajaran Dengan Kecerdasan Jamak Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru MI. Vol.2. No.2. htpps://doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.127.
Li, J. Ma, S. Ma, L. 2012. The Study on the Effect of Educational Games for the Development of Students’ Logic-mathematics of Multiple Intelligence. Physics Procedia. Vol.33. 1749-1752. htpps://doi: 10.1016/j.phpro.2012.05.280.
Maccario, N. K. 2012. Stimulation of multiple intelligence by museum education at teachers’ training. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol.51 807-811. htpps:// doi: 10.1016/j.sbspro.
Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nay, T. O, dan Diah, D. R. 2013. Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Resiliensi pada Siswa yang Mengikuti Program Akselerasi. Jurnal Psikologi Tabularasa. Vol.8. No.2. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/214/85.
Petrovici, A. Dobrecesu, T. (2013). The role of emotional intelligence in building interpersonal communication skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol.116. 1405-1410. htpps://doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.406.
Sidiknas. (2003). Pendidikan anak usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Indeks.
Sulaiman, T. Abdurahman, A. R. Rahim S. S. A. (2010). Teaching Strategies Based on Multiple Intelligences Theory among Science and Mathematics Secondary School Teachers. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol.8. 512-518. doi:10.1016/j.sbspro.2010.12.070.
Stanciu, Dorin. dkk. (2011). Applying the Multiple Intelligences Theory into Pedagogical Practice. Lessons from the Romanian Primary Education System. Procedia Social and Behavioral Science. Vol.11. 92-96. htpps:// doi:10.1016/j.sbspro.2011.01.040.
Trevino, I. M. G. dkk. (2020). Assessment of multiple intelligences in elementary school students in Mexico: An exploratory study. Heliyon 6. Vol.6. No. 4. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03777.
Ulfah, M. Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.4. No.1. http://dx.doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03
Widiastuti, S. 2012. Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.1. No.1. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907.
Wulandari, D. Kompetensi dan Karakter Peserta Didik: Perspektif Multiple Intelligences Howard Gardner. Prosiding Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bisnis dan Manajemen.292-30.http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_ abstrak/Isi_Artikel_647028461147.pdf.
Yetti, E. Junasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.10.No.2.
Diterbitkan
2021-07-14
Bentuk Sitasi
Budyawati, L. P., Khutobah, K., & Geraldhyne, V. (2021, July 14). Survei Pemahaman dan Upaya Guru dalam Mengembangkan Multipel Inteligen Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Jember. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(2), 185-204. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i2.852
Section
Articles